20 Ciri Pria Sedang Berbohong

Bohong biasanya menjadi penyebab potensial kisruhnya hubungan. Demi menjaga keharmonisan hubungan terkadang banyak pasangan yang melakukan kebohongan, dari yang kelasnya kecil (white lies) hingga besar. Namun, namanya saja kebohongan, sekecil apapun, tetap saja merupakan kebohongan dan bisa menjadi duri dalam daging atau bom waktu dalam sebuah hubungan. Lantas bagaimana Anda tahun cowok Anda sedang berbohong atau tidak? Pasalnya, tidak semua pasangan mau mengakui kobohongan. Kalau dipaksa, pasti akhirnya perang dingin. Menurut Barbara Pease, penulis ‘Why Men Lie and Woman Cry’, perempuan berbohong demi menjaga sebuah hubungan, kalau pria berbohong  dengan alasan mencegah adu argumentasi. Sebenarnya Anda tidak perlu repot-repot memaksa dia. Asal ’detector’ Anda berfungsi dengan baik, mudah saja membaca sinyal kebohongan dia. Apa saja? Simak 20 ciri cowok sedang berbohong, menurut Jane Hargrave, pakar bahasa tubuh, pengarang buku ‘Freeway of Love’, berikut ini:

1. Saat bicara, dia tidak pernah berani melakukan kontak mata langsung. Matanya mengarah ke mana-mana, entah ke jalan, ke rambut Anda dan sebagainya. Seperti kata orang, mata adalah jendela hati. Jadi, sebenarnya dia tahu apapun yang ada di hati dan pikirannya, pasti bisa terbaca oleh Anda.


2. Sikapnya tidak tenang. Kalau pada posisi duduk, dia sering menggeser-geserkan pantatnya. Seperti pikirannya sulit sekali berkonsentrasi. Bila Anda bertanya tentang kegelisahannya, dia pasti berdalih dan menjawab “enggak ada apa-apa, saya baik-baik saja kok.”


3. Terlihat Nervous. Untuk menormalkan suasana hati, terkadang mereka menggaruk-garuk kepala yang tidak gatal, memencet-mencet hidung, memegang mulut, wajah dan belakang telinganya.



4. Menarik Kuping Sendiri. Gerakan menarik kupingnya sendiri itu sebenaranya dilakukan tanpa sadar untuk menutupi kebohongannya saat berciuman.


5. Melengkungkan Alis. Sering menangkap alis si dia melengkung? Itu isyarat bahwa telah terjadi kontradiksi dalam batinnya, antara berani dan takut. Alis melengkung menandakan dia sedang menyembunyikan sesuatu dan dia tidak punya niat mengungkapkan kebenarannya, sampai Anda punya bukti kuat yang membuatnya dengan terpaksa berkata jujur.


6. Sering Menurunkan Dagu. Menyimpan kebohongan itu sebenarnya tidak menyenangkan. Tersiksa. Namun, terkadang dia tak kuasa untuk mengatakannya kepada Anda. Jadi, sebelum mulai bercerita, biasanya dia mengawali dengan menelan ludah dan menurunkan dagu untuk mengatasi perutnya yang mendadak terasa mual.


7. Saat Anda bertanya, dia pura-pura terlihat bingung sambil mengangkat bahunya. Padahal dia sedang berpikir “kok dia tahu sih, darimana ya dia tahu soal itu?”


8. Sibuk Menggeser-geserkan kaki. Saat duduk berhadapn dengannya, perhatikan apakah dia sering menggeserkan posisi kaki yang satu ke yang lain? Kalau ya, itu pertanda dia sedang gelisah menghadapi gempuran pertanyaan Anda. Dalam hati i berharap bisa kabur secepat mungkin biar terbebas dari kebohongan yang menyesakkan. Atau kalau bisa menghilang, ia ingin segera lenyap dari hadapan Anda.


9. Merokok Tanpa Irama. Bila selama ini Anda melihat dia merokok dengan santai, tapi kali ini dia merokok tanpa irama, asal hisap, cenderung terburu-buru dan dalam jumlah yang lebih besar dari biasanya. Itu tanda dia sedang menutup sesuatu dari Anda.


10. Sok Sibuk. Biasanya dia akan memusatkan perhatian pada obrolan kalian dan memberi jawaban jawaban lugas. Tapi kali ini, ada saja yang dikerjakannya, entah itu sibuk mengutak atik telepon genggamnya, membaca surat kabar, menggonta-ganti channel televisi dan sebagainya.


11. Ada jeda antara ucapan dan ekspresinya. Misal, Anda memberi dia hadiah. Saat menerimanya, dia tidak langsung menjawab “Bagus. I love it. Thanks ya!”. Tapi, ada jeda sekian detik, sebelum akhirnya tersenyum dan mengucap statement tersebut.


12. Antara Ekspresi dan Statement yang diucapkan tidak sinkron. Misal, dia bilang “I Love you” tapi dengan ekspresi relatif lempeng. Tidak ada binar-binar cinta yang tulus di matanya.


13. Ekspresinya Nanggung. Umumnya, saat seseorang menunjukkan emosinya (bahagia, terkejut, sedih dan sebagainya) seluruh permukaan wajahnya bereaksi. Umpanya, ketika seseorang tersenyum natural, semua bagian wajahnya ikut tersenyum, pipinya bergerak, mata dan dahinya terdorong ke bawah.


14. Jawaban yang dilontarkan terhadap pertanyaan Anda cenderung defensive. Biasanya saat seseorang terdesak, maka yang bisa dilakukan adalah bertahan.


15. Secara tidak sadar, dia kerap memindah-mindahkan letak benda-benda (kopi, buku, ponsel dan sebagainya) yang berada di antara Anda dan dia.


16. Dia cenderung meniru kata-kata Anda untuk menjawab pertanyaan yang dilontarkan. Misal, saat Anda mengatakan, Apakah kamu jalan dengan perempuan lain? Dia spontan menjawab, “Enggak, saya enggak jalan dengan perempuan lain.”


17. Dia jadi lebih cerewet, menambah-nambahkan detil-detil yang tidak penting pada kata-katanya untuk meyakinkan Anda. Biasanya dia tidak nyaman dengan kesunyian. Maka itu, dia menjadi enggak enak hati kalau tiba-tiba Anda berubah menjadi pendengar pasif. Lebih banyak diam daripada bicara.


18. Saat Anda mulai gencar bertanya, dia buru-buru mengganti obyek pembicaraan, sehingga membuat obrolan kalian beralih. Kalau dia jujur, malah sebaliknya, dia selalu menuntaskan setiap pembicaraan dan menunjukkan sikap tidak suka bila Anda mengubah obyek pembicaraan.


19. Dia melontarkan joke-joke yang enggak lucu atau stok lawakan usang, untuk menghidari pertanyaan-pertanyaan yang menyudutkan Anda.


20. Saat sedang berkencan, ponselnya sering dimatikan. Ini untuk menghindari dia ketahuan menerima telepon atau SMS/BBM dari perempuan lain.


Sumber : http://iniopiniku.com/2012/07/20-ciri-pria-sedang-berbohong/

Ditulis Oleh : Unknown ~ Yoyok Aja Blog

Artikel 20 Ciri Pria Sedang Berbohong ini diposting oleh Unknown pada tanggal 7 Des 2012 pukul 06.00. Jika artikel 20 Ciri Pria Sedang Berbohong ini dirasa menarik, anda bisa sebarluaskan lewat blog anda, tapi mohon mencantumkan sumbernya. Terima kasih.
Anda berada di

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

Terima kasih atas komentar yang diberikan.