Kiamat di bulan Desember

Nibiru dan Kiamat 2012: Tanya Jawab dengan David Morrison Ilmuan Senior NAI (NASA), Bagian 1

 

Cerita tentang planet fiksi Nibiru dan kiamat Desember 2012 telah booming di berbagai  media masa dari internet sampai TV. Pada Juni 2009 telah tercatat sebanyak 175 buku yang berkaitan dengan kiamat 2012 di Website Amazon.com. Seiring rumor yang semakin menyebar, situs resmi NASA “Ask an Astrobiologist” telah menerima ratusan pertanyaan tantang kiamat Desember 2012, dengan lebih dari 200 pertanyaan yang telah tejawab. Banyak pertanyaan baru muncul yang sebenarnya sudah terjawab sebelumnya. Berikut ini adalah 20 pertanyaan yang paling sering ditanyakan.

Sebagai tambahan respons saya, berikut ini beberapa sumber yang cukup terpercaya

Neil de Grassse Tyson telah mempost “video clip” yang menarik tentang rumor Nibiru-2012.Wikipedia memiliki beberapa artikel. Dimulai dengan “Nibiru Collision”, lalu lihat “Nibiru Mythology” dan “Nibiru Sitchin”). Juga artikel yang berisi informasi tentang “2012 doomsday predictions”.Tentang gambaran rinci tentang asal Planet X / Nibiru, lihat diskusi oleh Phil Plait di site-nya “Badastronomy website.”

David Morrison,
NAI Senior Scientist
Juni 1, 2009

1. Apa  yang melatarbelakangi rumor bahwa dunia akan berakhir pada Desember 2012?

Cerita dimulai dengan pernyataan tentang keberadaan planet Nibiru, sebuah planet yang “konon” ditemukan oleh bangsa Sumeria. Zecharia Sitchin, orang yang menulis fiksi tentang “The Ancient Mesopotamian Civilization of Sumer”, menyatakan dalam beberapa buku (The Twelfth Planet, ditebitkan tahun 1976) bahwa dia telah menemukan dan menterjemahkan dokumen-dokumen bangsa Sumeria yang mengatakan keberadaan planet Nibiru, sebuah planet yang mengorbit Matahari setiap 3600 tahun. Leteratur bangsa Sumeria ini juga menyebutkan tentang “Astronot Kuno” bernama Annunaki yang mengunjungi Bumi dari peradaban Alien. Lalu Nancy Lieder, yang menyatakan dirinya adalah seorang fisikawan mengatakan dirinya sedang berkomunikasi dengan Alien, lalu menulis dalam website-nya “Zetatalk” bahwa sebuah planet fiksi disekitar bintang Zeta Reticuli memperingatkannya bahwa Bumi sedang dalam bahaya karena planet X/Nibiru. Bencana ini pertama kali diprediksi untuk 23 Mei, tapi ketika tidak terjadi apa-apa tanggal kiamat dimajukan menjadi Desember 2012. Hanya saja akhir-akhir ini literatur Sumeria tersebut dihubung-hubungkan dengan kalender jangka panjang bangsa Maya yang mana berakhir pada tahun 2012. Dari sini tanggal kiamat diprediksikan tepat tanggal 21 Desember 2012.

2. Bangsa Sumeria merupakan bangsa maju yang pertama, dan mereka banyak membuat prediksi astronomi yang cukup akurat, termasuk keberadaan planet Uranus, Neptunus, dan Pluto. Jadi, kenapa kita seharusnya tidak mempercayai prediksi mereka tentang Nibiru?

Nibiru adalah sebuah nama dari astrologi babilonia, terkadang berasosiasi dengan dewa Marduk. Nibiru muncul sebagai karakter kecil dalam syair babilonia Enuma Elish sebagaimana yang tercatat dalam perpustakaan Assurbanipal. Dari sekitar abad 23 sampai abad 17 sebelum Masehi, pernyataan bahwa Nibiru adalah sebuah planet dan diketahui oleh bangsa Sumeria sangat bertolak belakang dengan para sarjana (selain Zecharia Sitchin) yang telah mempelajari dan menterjemahkan literatur dari Mesopotamia kuno. Sumeria memang bangsa yang besar, meraka hebat dalam Agrikultur, pengaturan air, budaya, dan khususnya menulis. Tetapi mereka meninggalkan sedikit sekali catatan tentang pengetahuan astronomi mereka. Yang pasti mereka tidak mngetahui keberadaan tentang Uranus, Neptunus, ataupun Pluto. Mereka juga tidak tahu bahwa planetlah yang mengorbit Matahari, sebuah ide yang berkembang di yunani kuno 2000 tahun setelah keruntuhan bangsa Sumeria. Pernyataan yang mengatakan bahwa bangsa Sumeria sangat hebat dalam bidang astronomi, atau mereka mempunyai dewa bernama Nibiru merupakan hasil dari imajinasi Sitchin.

3. Bagaimana bisa Anda menyangkal keberadaan planet Nibiru ketika NASA menemukannya pada tahun 1983 dan ceritanya marak diberbagai Koran? Waktu itu kalian menamakannya planet X, selanjutnya dirubah menjadi Xena atau Eris.


IRAS (InfraRed Astronomy Satellite NASA, yang diluncurkan untuk meneliti langit selama 10 bulan pada tahun 1983) menemukan banyak sumber inframerah, tapi tidak satu pun merupakan Nibiru atau planet X atau benda apapun dalam Tata Surya lingkar luar. Ada sebuah diskusi yang menarik dari Caltech yang bisa ditemukan di (spider.ipac.caltech.edu/staff/tchester/iras/no_tenth_planet_yet.html). Dalam laporan, IRAS telah mencatat 350000 sumber inframerah, dan banyak dari sumber tersebut tidak diketahui. Semua observasi ini telah dipelajari oleh instrument yang lebih canggih di Bumi maupun di angkasa. Rumor tentang “Planet Kesepuluh” muncul pada tahun 1984 setelah sebuah tulisan ilmiah diterbitkan dalam Astrophysical Journal Letters berjudul “Unidentified point sources in the IRAS minisurvey”, yang mana beberapa sumber inframerah telah didiskusikan dengan tanpa hasil, tapi “Objek Misterius” ini ditemukan pada galaksi yang jauh (kecuali satu, yang mana itu adalah se-utas “Infrared Cirrus”). Sebagaimana yang diterbitkan pada tahun 1987, tidak ada sumber dari IRAS yang menyebutkan sebuah planet. Sebuah diskusi menarik dari rumor ini ada di sebuah website milik Phil Plait (www.badastronomy.com/bad/misc/planetX/science.html#iras). Intinya adalah Nibiru hanyalah sebuah mitos, dan tanpa didasari fakta apapun. Bagi para astronom, pernyataan bahwa ada sebuah planet yang “mendekat” tapi “tidak terlihat” adalah pendapat bodoh.

4. Mungkin kita harus bertanya tentang planet X atau Eris, bukan Nibiru. Mengapa NASA merahasiakan orbit Eris?

“Planet X” adalah sebuah ungkapan ketika digunakan untuk objek yang “mungkin” nyata. Istilah tersebut telah digunakan oleh banyak astronom untuk menamakan sesuatu yang mungkin atau dicurigai sebuah objek. Ketika sebuah objek ditemukan, pasti dinamakan, sama seperti Pluto dan Eris, keduanya pernah dinamakan sebagai planet X. Jika sebuah objek ternyata tidak nyata atau bukan planet, maka Anda tidak akan pernah mendengarnya lagi. Jika itu nyata, maka tidak akan dinamakan planet X.

Eris adalah satu dari banyak planet Dwarf yang telah ditemukan oleh astronom di Tata Surya lingkar luar, semuanya memiliki orbit yang normal dan tidak akan pernah pergi ke Bumi. Seperti Pluto, Eris lebih kecil dari bulan kita, sangat jauh, dan orbitnya tidak akan pernah bisa membawanya mendekat lebih dari 4 milyar mil. Tidak ada rahasia tentang Eris dan orbitnya, Anda bisa memastikannya dengan Googling atau di Wikipedia.

5. Apa Anda menyangkal bahwa NASA membuat sebuah South Pole Telescope (SPT) untuk melacak Nibiru? Lalu kenapa dibangun di kutub selatan?

Ada sebuah teleskop di kutub selatan, tetapi itu bukan dibuat oleh NASA dan tidak digunakan untuk mempelajari Nibiru. SPT dibangun oleh National Science Foundation, dan itu sebuah teleskop radio, bukan instrument optic. SPT tidak bisa mengambil gambar atau foto, Anda bisa melihatnya di Wikipedia. Antartika adalah tempat yang bagus untuk observasi astronomical infrared dan gelombang radio pendek, dan juga memberi keuntungan karena sebuah objek akan bisa diteliti tanpa harus terpengaruh siang dan malam.

Aku juga Harus menambahkan bahwa sangatlah mustahil untuk menggambarkan sebuah Geometri objek yang hanya bisa dilihat dari kutub selatan.

6. Ada banyak sekali foto dan video tentang Nibiru di internet, bukankah itu bukti bahwa planet ini benar-benar ada?

Kebanyakan foto dan video tersebut hanyalah fitur di dekat Matahari (orang-orang mengatakan bahwa itu Nibiru yang bersembunyi dibelakang Matahari salama beberapa tahun). Sebenarnya ini adalah gambar bayangan dari Matahari dikarenakan pantulan internal pada lensa, sering kali disebut “Lens Flare”. Anda bisa mengenalinya dengan mudah kerena mereka muncul secara diameter berlawanan arah dengan Matahari yang asli, jika pantulannya melewati titik tengah dari gambar. Pada video dapat dikenali dengan mudah, ketika kamera bergerak bayangan internal pun akan bergerak tepat berlawanan arah dengan objek yang asli. Lens Flare yang serupa sama dengan banyak foto UFO yang diambil pada malam hari yang tidak lain adalah pantulan lampu-lampu kota yang terang. Aku terkejut melihat orang-orang tidak menyadari fenomena fotografi biasa ini, aku juga terkejut bahwa foto-foto ini menunjukan sesuatu yang sebesar dan seterang Matahari (Matahari kedua) dianggap sebagai Nibiru di banyak Website yang mengatakan Nibiru tidak mungkin dilihat tanpa sebuah teleskop besar.

Sebuah laporan foto teleskop menunjukan dua buah pemandangan awan gas jauh melebihi Tata Surya, yang mana tidak bergerak; Anda bisa menyadarinya dari fakta bahwa bintang di kedua gambar sama. Seorang pembaca dengan mata terlatih mengidentifikasi bahwa foto itu adalah sebuah awan gas di sekitar bintang V838 Mon. Wikipedia memiliki artikel dan foto yang lebih bagus berasal teleskop Hubble dibanding dengan foto itu. Seorang siswa SMA pada awalnya terkesan dengan sebuah posting gambar gumpalan merah yang dicurigai sebagai Nibiru. Lalu ia membuat gambar yang sama persis dengan photoshop. Sebuah video pada musim panas 2008 di youtube (www.youtube.com/watch?v=qDKtkWIX00A) menunjukan seorang pria berdiri di dapurnya menyatakan bahwa satu dari objek yang ditemukan oleh NASA teleskop X-Ray adalah Nibiru. Padahal gambar itu adalah gambar yang diambil dengan teleskop X-Ray, warna didalam gambar tersebut bukanlah warna yang sebenarnya.

7. Bisakah Anda menjelaskan fakta bahwa area pada (5h 53m 27s, -6 10’ 58”) telah dikosongkan di Google Sky dan Microsoft Telescope? Orang-orang mengatakan bahwa area ini dikosongkan karena ini merupakan koordinat dimana Nibiru dipetakan sekarang.

Beberapa orang telah menanyakan area yang kosong di orion pada tampilan Google Sky, yang mana merupakan tampilan gambar dari Sloan Digital Survey. Ini tidak mungkin menjadi tempat “sembunyi” Nibiru, karena ini merupakan bagian dari langit yang dapat dilihat dari hampir semua belahan Bumi pada musim dingin 2007-2008 ketika banyak pembicaraan tentang Nibiru dimulai. Ini juga berlawanan dengan pernyataan bahwa Nibiru sembunyi di belakang Matahari atau hanya bisa dilihat dari belahan Bumi selatan. Tetapi aku juga sedikit penasaran dengan area kosong ini, jadi aku bertanya kepada seorang teman yang bekerja sebagai ilmuan senior di Google. Dia menjawab bahwa “hal ini dikarenakan ada ‘proses error’ pada pemetaan data di sistem Sloan Digital Survey yang biasa kami pakai, para crew meyakinkan aku bahwa beberapa saat lagi akan kembali normal!”

8. Jika pemerintah tahu tentang Nibiru, akankah mereka akan merahasiakannya untuk menghindari panik? Bukankah tugas pemerintah untuk memastikan populasi tetap tenang?

Banyak sekali yang harus pemerintah pertimbangkan, tapi itu tidak termasuk mempertahankan publik tetap tenang. Menurut pengalamanku beberapa bagian dari pemerintah malah melakukan hal yang sebaliknya, sebagai contoh peringatan tentang ancaman teroris. Ada sejarah yang panjang tentang asosiasi hal buruk dengan lawan politik. Lebih jauh lagi, menurut ilmuan sosial konsep publik yang panik adalah produk dari Hollywood, pada kenyataannya ketika sedang dalam bahaya orang-orang akan saling membantu. Aku pikir semua orang akan menyadari bahwa merahasiakan berita buruk biasannya pendapat yang terburur-buru, membuatnya lebih buruk ketika akhiranya fakta muncul. Dan pada kasus Nibiru, faktanya muncul dengan cepat.

Bahkan jika mereka tidak ingin mempublikasikan Nibiru, pemerintah tidak akan merahasiakan Nibiru. Jika Nibiru benar-benar ada, pasti sudah terlacak oleh ratusan astronom, amatir maupun profesional, lalu beritanya akan menyebar keseluruh dunia. Aku mengenal banyak komunitas astronomi, dan mereka tidak akan merahasiakan keberadaan Nibiru walaupun pemerintah menyuruhnya tutup mulut. Anda tidak akan pernah bisa menyembunyikan planet yang sedang masuk ke dalam Tata Surya.

9. Kenapa kalender bangsa Maya mengatakan bahwa dunia akan berakhir pada tahun 2012? Aku pernah dengar bahwa bangsa Maya banyak melakukan prediksi akurat tentang keplanetan. Bagaimana Anda bisa yakin Anda lebih tahu dari mereka?

Keberadaan kalender tersebut berfungsi untuk menandakan waktu, bukan untuk memprediksikan masa depan. Astronom bangsa Maya sangat pintar, dan mereka mengembangkan kalender yang sangat rumit. Kalender kuno menarik bagi para sejarawan, tapi kemampuan penetapan waktu dan kepresisian waktunya tidak bisa kita samakan dengan kemampuan kalender yang saat ini kita gunakan. Yang pasti Kalender modern maupun kuno, tidak bisa memprediksikan tentang masa depan, atau memperingatkan apa yang terjadi pada 2012.

Perlu dicatat bahwa kalender di meja kerjaku berakhir lebih cepat yaitu 31 Desember 2009, tapi aku tidak menginterpretasikan bahwa hari itu adalah kiamat, itu hanyalah permulaan tahun baru.

10. Apakah yang dimaksud dengan teori pergantian kutub? Apakah benar bahwa Bumi akan membalikan arah rotasinya? Apakah ini dikarenakan Tata surya sedang berada di bawah garis ekuator galaksi?

Membalikan arah rotasi Bumi itu ‘MUSTAHIL’. Hal ini tidak pernah terjadi dan tidak akan terjadi. Ada pergerakan lambat dan terus menerus di Bumi (sebagai contoh Antartika berada dekat ekuator jutaan tahun yang lalu), tapi sangatlah tidak relevan untuk menyatakan hal ini merubah rotasi Bumi. Mereka menyatakan ada hubungan rotasi dengan kemagnetan kutub Bumi, yang mana berubah secara tidak teratur dengan pembalikan magnetis rata-rata setiap 400000 tahun. Sejauh yang kita tahu, pembalikan magnetis ‘tidak akan’ mempengaruhi kehidupan di Bumi. Pembalikan magnetis ini juga tidak akan terjadi untuk beberapa ribu tahun kedepan. Tetapi mereka memalsukan pernyataannya bahwa perubahan magnetis akan terjadi lebih cepat (di 2012). Yang terpenting adalah 1. Arah rotasi tidak ada hubunganya dengan megnetis kutub, 2. Tidak ada alasan untuk mengira bahwa pembalikan magnetis kutub datang lebih cepat, atau untuk mengantisipasi efek buruk bagi kehidupan ketika hal itu terjadi. © pergantian rotasi kutub secara tiba-tiba dengan konsekuensi berbagai bencana adalah sesuatu yang tidak mungkin. Juga tidak satupun dari hal ini yang berhubungan dengan garis ekuator galaksi, itu hanyalah konspirasi.

Oleh   : David Morrison, NAI Senior Scientist (NASA)

Ditulis Oleh : yoyok aja ~ Yoyok Aja Blog

Artikel Kiamat di bulan Desember ini diposting oleh yoyok aja pada tanggal 28 Jan 2013 pukul 16.25. Jika artikel Kiamat di bulan Desember ini dirasa menarik, anda bisa sebarluaskan lewat blog anda, tapi mohon mencantumkan sumbernya. Terima kasih.
Anda berada di

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

Terima kasih atas komentar yang diberikan.